NEW UPDATE

Tes Kecendrungan Otak Kanan atau Kiri


Baru-baru ini saya melakukan tes kecenderungan menggunakan sisi otak kanan atau sisi otak kiri dalam pola kehidupan sehari-hari dan walhasil dapat anda lihat pada gambar diatas (kiri:69 & kanan: 31).

Perbedaan antara otak kiri dan otak kanan secara umum :

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.


Dan dari hasil tes diatas banyak teman saya yang menghukumi wajar kalau hidup saya tak semulus nasib orang lain karna pola pikir saya yang lumayan koslet alias berantakan (tidak seimbang) katanya.

Namun terlepas dari persoalan diatas meski sulit meyakininya tapi ada baiknya jika hasil tes diatas dibenturkan dan diperhadapkan dengan beberapa pola hidup keseharian saya yang sekiranya dapat menjadi pembenaran ataukah sedikit sanggahan.
  1. Saya anak pertama dari tiga bersaudara 
  2. Hobby saya menggambar, menulis dan bermain musik (nyanyi & gitar)
  3. Saya suka bergaul namun cenderung mengamati orang-orang yang baru saya temui
  4. Dalam bertindak saya lebih dulu menganalisis berdasarkan potensi dampak baik & buruknya
  5. Saya sangat percaya dengan hal-hal yang berbau klasik seperti Feng Shui dan Sejarah
  6. Konsisten dan konsekuen adalah hal sensitif bagi saya namun terkadang terlalu mempertimbangkan sesuatu
  7. Gara-gara Matematika saya tidak lulus SMA (UAN) terpaksa beralih ke Paket:C
  8. Saya pernah (Juara 1) PORSENI Tingkat Propinsi Lomba Karikatur Pendidikan
  9. Saya juga pernah Menjuarai Ceramah Bhs. Indonesia Tingkat Propinsi
  10. Gelar Sarjana Hukum saya sandang dengan jenjang perkuliahan 10 semester (lima tahun)
  11. Saya senang berorganisasi namun tidak begitu fokus pada hal-hal Formal.
  12. Pola Makan dan Tidur adalah kendala besar dalam hidup saya
  13. Musick Rock n Roll itu favorit saya tapi lagu melo terkadang lebih mendominasi
  14. Soal kebersihan dan penampilan itu penting tapi sulit merealisasikannya dlm bentuk nyata
  15. Saya yakin suatu saat saya akan Sukses tapi "Bingung" Harus mulai dari mana...!!!

Seperti itulah kurang lebih karakter pribadi saya dan jika dikaitkan dengan Tes Otak diatas apakah sudah tepat atau tidak, penilaian saya serahkan pada anda (silahkan dikritik)

Jika anda ingin melakukan Tes Otak / kesenderungan mengunakan otak kanan atau kiri maka anda bisa mengunjungi situsnya di sini : http://en.sommer-sommer.com/braintest/

Nb: Orang yang memiliki keseimbangan anatar otak kiri dan kanan, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi. Jika kedua fungsi otak ini seimbang, maka manfaat yang diperoleh antara lain :
  • berfikir lancar
  • emosi terkendali
  • daya hafal meningkat 
  • responsif terhadap semua rangsangan dll


Sekian Terima Kasih
#piymen
    Back To Top