NEW UPDATE

Ketahui Jenis-jenis Alat Sablon Baju

Seni Sablon. Dengan semakin kreatif nya anak bangsa dalam hal menggambar atau membuat designe grafis, membuat saya ingin berbagi ilmu mengenai sablon kaos, kebanyakan dari mereka memang belum tau bagaimana cara mencetak gambar nya ke dalam bahan kaos. Dan saya akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai  Alat Sablon Kaos manual terlebih dahulu, dan muda-mudahan bermanfaat buat teman-teman yang ingin tau tentang dunia sablon terutama sablon kaos.

Dikutip dari Sablonkaosku.info Artikel pertama kali ini saya coba bahas mengenai beberapa alat kebutuhan seperti Meja Sablon Manual, screen, film sablon, dan Jenis Tinta Sablon yang diperlukan jika ingin menyablon kaos.

Okke Langsung aja ya…



1. Screen


screenScreen adalah media yang dipake untuk mengantarkan tinta sablon ke obyek sablon. Bahan dari kain kassa berbentuk persegi empat. Kain kassa ini memiliki pori2 (lubang) yang akan dibentuk sesuai film yang kita buat. Ukuran screen ada 2 macam, ukuran lebarnya screen misalnya 30X40 cm dan ukuran pori2(lubang) screen misalnya 48.

2. Film Sablon


proses afdrukFilm sablon adalah desain gambar anda yang sudah di print diatas kertas, kemudian untuk di afdrukan atau di cetak diatas screen. boleh dikatakan model gambar/desain yang bakal kita sablon di atas kaos yg akan kita sablon. Film tersebut biasanya dibuat melalui desain komputer yang diprint pake tinta laser (pake tinta print biasa sebenar nya juga bisa, tapi hasilnya kurang bagus). Desain sablon kebanyakan dibikin pake Corel ataupun Adobe.

3. Rakel



RAKKELRakel Gunanya untuk mengkuaskan/menggosokan dan memindahkan tinta sablon yang ada di screen sehingga gambar terbentuk pada obyek sablon. Bahannya dari karet yang diberi pegangan kayu memanjang. Ada juga pegangan rakel yang terbuat dari alumunium.

4. Tinta Sablon

Jenis tinta bermacam-macam dan nama tinta pun bergantung objek tempat kita nyablon ataupun hasil yang diinginkan. Tinta yang buat sablon kaos aja ada banyak macamnya. Ada juga tinta sablon kaos yang bisa bikin timbul setelah kita setrika(puff print), dan ada tinta yang menyala di tempat gelap(Glow in The Dark).

5. Meja Sablon

Untuk sablon manual tentunya kita memakai meja sablon untuk meletakkan obyek sablonannya, Meja sablon ada yang terbuat dari rangka besi atu kayu. Dan untuk meja sablon manual juga banyak jenis atau modelnya, anda dapat membeli jenis meja sablon sesuai kebutuhan anda di toko alat sablon.

6. Hair dryer

Berguna untuk mengeringkan tinta sablonan (terutama untuk sablon dengan banyak warna) Juga berguna saat mengeringkan cairan obat afdruk ketika pembuatan afdruk di screen.

7. Tempat penjemuran

untuk tempat penjemuran anda jg bisa membuat jemuran sendiri sesuai kebutuhan anda dengan menggunakan tali tambang, kegunaannya untuk mempercepat proses pengeringa hasil sablon dalam skala besar.

8. Setrika

setrika ini kegunaan nya untuk hasil sablon kaos yang memakai tinta timbul, karna tinta timbul tersebut akan timbul setelah kering dan di setrika di balik sablonan nya.

okke sekian dlu mengenai alat sablon, Selamat mencoba untuk berkreasi di kaos kalian, Kalau ada pertanyaan bisa lewat komentar. Ditunggu saran dan kritiknya, dan jangan lupa di share ya..













    Back To Top