NEW UPDATE

Apa itu Bursa Saham ?


Bursa Saham (Bursa Efek)

Bursa sama dengan pasar.  Jadi bursa saham sama dengan pasar saham.  Istilah yang lebih resmi untuk bursa saham adalah bursa efek (sesuai dengan UU nomor 8 tahun 1995 tentang pasar modal – bab III). Bursa atau pasar mempertemukan antara penjual produk dengan pembeli produk.  Kata pasar lazim digunakan dalam perdagangan tradisional dan konvensional yang langsung melibatkan produk secara phisik.

Sedangkan kata bursa lazim digunakan didalam perdagangan yang tidak memperdagangkan produk secara phisik.

Mari kita tinjau sebuah pasar tradisonal.

Pada awalnya, beberapa petani yang sudah panen, menjajakan hasil taninya disebuah lahan yang lapang, milik pemerintah setempat. Lahan ini dekat dengan jalan raya.  Orang-orang yang kebetulan melewati jalan itu, mungkin berhenti dan melihat-lihat.  Beberapa diantaranya mungkin membeli sesuai kebutuhan.  Makin lama, daerah tersebut makin dikenal.  Makin banyak petani yang berkumpul disana menjajakan hasil taninya.

Suplai barang juga beragam dengan masuknya barang-barang hasil pabrik. Makin ramai pembeli yang berkunjung. Makin ramai lalu lintas disana.  Para pedagang mulai ramai berdatangan.  Hasil tani dari petani dibeli oleh pedagang, lalu pedagang menjual kembali ke pembeli (konsumen).  Sebagian petani tetap menjual sendiri hasil taninya, sebagian sudah langsung menjual kepada pedagang.

Pasar yang makin berkembang, membuat pemerintah setempat mulai menata pasar tersebut.  Dibuatkan kios-kios. Dibentuklah pengelola pasar (biasanya perusahaan daerah atau PD). Kios-kios disewakan kepada pedagang. (Blog Tenaga Sosial)

Secara umum ada 4 pihak utama yang terlibat di pasar yaitu:

1.Pengelola Pasar
2.Penyuplai produk (petani, pabrik)
3.Pedagang
4.Konsumen

Pasar Tradisional/KonvensionalBursa Saham / Efek
Pengelola PasarBursa Efek Indonesia (BEI)
Penyuplai (petani / pabrik)Perusahaan publik (Emiten)
PedagangPerusahaan Sekuritas
KonsumenInvestor

Semua transaksi di bursa saham dilakukan secara elektronis (istilah kerennya : online :D). Lebih jauh tentang bursa saham dan investasi saham dapat dilihat di Bursa Efek Indonesia.

    Back To Top